• HK Welcome
  • HK RB
  • HK Visi
  • HK Misi
  • HK PTA

39 Tahun Pengabdian Armia Ibrahim Berlabuh di Medan

1

Setelah perjalanan panjang selama kurang lebih 39 tahun, akhirnya Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. yang merupakan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, mengakhiri masa jabatannya sebagai sebagai Ketua sekaligus mengakhiri masa kerjanya sebagai Pegawai Negeri Sipil dan memasuki masa purnabakti yang akan dimulai pada tanggal 01 Agustus 2017.

Pengadilan Tinggi Agama Medan melakukan prosesi Wisuda Purnabakti pada hari Kamis, 27 Juli 2017 lalu di Hotel Madani Medan. Acara ini dihadiri oleh:

  • Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI: Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M.
  • Direktur Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Ri: Drs. H. Abdul Manaf, M.H.
  • Ketua YPHIMM Pusat: Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H., S.I.P., M.Hum.
  • Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Pelmizar, M.H.I.
  • Ketua Pengadilan Militer Tinggi I Medan: Kolonel Chk. Yan Akhmad Maulana, S.H., M.H.
  • Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara/Mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Dr. H. Arso, S.Ag., M.Ag.

Turut hadir dalam prosesi ini: Ketua Pengadilan Tinggi Agama dari beberapa provinsi, seluruh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Wilayah Sumatera Utara, keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan, serta keluarga dari Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H.

2

Sekitar pukul 10:00 WIB Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI: Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. memasuki ruang Gelora Ballroom Hotel Madani Medan yang diikuti oleh Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Pelmizar, M.H.I. beserta dengan rombongan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan. Acara kemudian dibuka oleh Addelaida Rangkuti, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan). Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden RI bernomor 00003/KEPKA/AV/12/16 yang dibacakan oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H., yang kemudian berlanjut dengan pembacaan Daftar Riwayat Jabatan Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. yang dibacakan oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadian Tinggi Agama Medan: Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M.

Acara berikutnya adalah sambutan Ketua Mahkamah Agung Ri yang dibacakan oleh Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat atas masa purnabakti yang dimasuki oleh Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. Dalam kesempatan ini beliau juga mengutarakan ucapan terima kasih kepada Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. atas pengabdian dan dedikasi selama bertahun-tahun kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya pada jajaran Mahkamah Agung RI.

3   4

Rangkaian acara bergulir menuju kepada acara inti, yaitu pelepasan kalung jabatan Ketua. Prosesi ini dilakukan oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, yang dilanjutkan dengan pengalungan karangan bunga dan pemberian plakat penghargaan kepada Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. serta pemberian bucket bunga kepada Istri Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. Prosesi Wisuda Purnabakti diakhiri dengan sesi foto bersama. Suasana haru menyerbak saat lantunan lagu karya H. Mutahar: Syukur diperdengarkan bersamaan dengan turunnya peserta prosesi dari pentas dan berjalan ke luar ruangan.

Prosesi purnabakti telah selesai dilaksanakan. Panitia memberikan waktu istirahat selama 10 menit. Jeda waktu tersebut dimanfaatkan oleh seluruh hadirin untuk berganti baju dan panitia untuk persiapan menuju acara berikutnya: Ramah Tamah.

10 menit telah berlalu. Dengan Addelaida Rangkuti, S.H. masih sebagai pembawa acara, acara dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dilafadzkan oleh Drs. Abdul Khalik, S.H., M.H. (Panitera Pengadilan Agama Medan Kelas I A). Drs. H. Syofyan Sauri (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) melanjutkan rangkaian acara dengan memimpin lantunan do’a.

Yang menarik dari ramah tamah ini adalah dengan menyisipkan sebuah prosesi adat suku Batak ke dalam rangkaian acara. Prosesi yang disebut sebagai Manortor ini dipimpin oleh Drs. H. Maraenda Harahap, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan) yang diiringi oleh beberapa Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan. Drs. H. Maraenda Harahap, S.H., M.H. memulai prosesi dengan menjelaskan makna manortor tersebut, yang tidak lain merupakan wujud rasa syukur serta do’a untuk menolak bala. Walau Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. dan istri bersuku Aceh, namun tidak sedikitpun ada raut keraguan atau penolakan di saat sebuah Ulos diselempangkan dan mengikuti seluruh prosesi manortor yang kurang lebih berdurasi 5 menit ini. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. beserta Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H., S.I.P., M.Hum. mendapatkan penghormatan khusus untuk menyelempangkan Ulos kepada Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. dan istri. Alunan Margondang yang menghentak membuat suasana Gelora Ballroom Hotel Madani Medan menjadi riuh membahana.

5   6

Rangkaian acara bergulir kepada pemberian cinderamata secara simbolis kepada Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H., yang dilanjutkan dengan peluncuran secara resmi inovasi di bidang Teknologi Informasi yang telah berhasil diwujudkan selama Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, yaitu: Sistem Pengawasan Online dan Aplikasi Dashboard SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Melalui sebuah video singkat, ditampilkan capaian Tim Support TI Pengadilan Tinggi Agama Medan yang selama ini didukung penuh oleh Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H.

7

Acara berlanjut kepada sambutan dari Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. Mengawali sambutannya, beliau menjelaskan video peluncuran singkat yang telah ditampilkan sebelumnya dan mengucapkan terima kasih kepada Tim Support TI Pengadilan Tinggi Agama Medan atas segala usahanya selama ini, serta memperkenalkan Ketua Tim Support TI Pengadilan Tinggi Agama Medan: Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi). Selanjutnya, dengan didampingi istri, diatas podium beliau mengucapkan terima kasih kepada Pengadilan Tinggi Agama Medan yang telah membuat prosesi wisuda purnabakti ini berjalan lancar. Beliau juga mengutarakan permohonan maaf, karena beliau merasa masih terlalu sedikit yang telah beliau lakukan untuk kemajuan Peradilan Agama di Sumatera Utara selama menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Dengan nada terisak beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Mahkamah Agung RI yang telah membuatnya menjadi seperti ini.

8

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. Pelmizar, M.H.I. memberikan sambutan selanjutnya. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa walaupun kebersamaan dengan Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. di Pengadilan Tinggi Agama Medan hanyalah sebentar, namun beliau sudah sangat kenal karakter serta reputasi baik dari Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. Di kesempatan ini beliau juga berjanji akan melanjutkan segala pencapaian yang telah dilakukan oleh Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. di Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Sambutan berikutnya yang juga sambutan penutup, disampaikan oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI: Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. Acara ditutup dengan saling bersalaman dan sesi foto bersama. (ap)

  • 965-sel-khalik.jpg
  • 966-salamiah.jpg
  • 967-sel-alimud.jpg
  • 968-duk-andry.jpg
  • 969-sel-shalah.jpg
  • 970-sel-razali.jpg
  • 971-sel-bakti.jpg
  • 972-sel-taufiq.jpg
  • 973-purn-armia1.jpg
  • 974-duk-rastawati.jpg