• HK Welcome
  • HK Idul Adha
  • HK RB
  • HK Visi
  • HK Misi
  • HK PTA

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Lantik Tiga Ketua Pengadilan Agama

1

Mengawali tugas kepemimpinannya, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. melantik 3 orang Ketua Pengadilan Agama di lingkungan Peradilan Agama Sumatera Utara. Pelantikan ini bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan pada hari Kamis, 10 Agustus 2017. Selain acara pelantikan, event ini juga dirangkaikan dengan penyambutan dan perkenalan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan yang baru dilantik 28 Juli 2017 yang lalu.

2   3

Tepat pukul 10:00 pagi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan memasuk Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan yang diikuti oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H., M.H.; Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. H. Pelmizar, M.H.I.; dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pontianak, Drs. H. Insyafli, M.H.I.

Di aula, sebelumnya telah menunggu seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan dan Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara beserta dengan peserta pelantikan yaitu:

  1. Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PA Stabat Kelas I B, dilantik menjadi Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I B, menggantikan Drs. Mawarlis, M.H.
  2. Muhammad Razali, S.Ag., S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi, dilantik menjadi Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe, menggantikan Drs. Ahmad Rivai, S.H.
  3. Muhammad Shalahuddin Hamdayani, S.H., M.A., yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Balige, dilantik menjadi Ketua Pengadilan Agama Balige.

Acara dibuka oleh Addelaida Rangkuti, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Mahkamah Agung RI oleh Muhammad Nasri, S.H., M.M. (Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan).

Akhirnya tibalah di puncak acara, yaitu pelantikan Ketua Pengadilan Agama oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Suasana menjadi hening di saat Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. membacakan naskah pelantikan yang menandakan bahwa telah resmi peserta pelantikan menduduki jabatan baru masing-masing. Sesaat kemudian, lagu Bagimu Negeri berkumandang memenuhi ruangan yang menambah sakralnya pelantikan hari itu.

Rangkaian acara pelantikan berlanjut kepada penandatangan pakta integritas, penandatanganan berita acara serah terima jabatan, serta penyerahan memori jabatan dan palu pimpinan. Acara pelantikan ditutup dengan sesi foto bersama pejabat lama, pejabat yang baru dilantik bersama dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan.

5

Acara pelantikan telah selesai namun rangkaian acara keseluruhan masih berlanjut kepada sambutan dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. H. Pelmizar, M.H.I. Mengawali sambutanya beliau mengucapkan selamat atas dipercayakannya Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. oleh ketua MA RI sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, semoga dapat melaksanakan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Beliau juga dalam kesempatan ini mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. beserta istri dengan keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan. Mengakhiri sambutannya beliau mewakili warga Peradilan Agama Se-Sumatera Utara menyatakan siap untuk bekerja sama dan menerima arahan bimbingan serta petunjuk bapak untuk mencapai visi misi Pengadilan Tinggi Agama Medan.

6

Urutan acara berlanjut kepada kata-kata perkenalan dan sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. Di atas podium bersama dengan istri, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menceritakan ringkasan perjalanan karirnya di Peradilan Agama. 18 tahun pertama karirnya, dimulai dari seorang staff Pengadilan Agama Sijungjung hingga menjadi ketua di tempat yang sama. Setelah itu berpindah tempat dinas di berbagai satuan kerja di seluruh Indonesia hingga sampai sekarang menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Pontianak yang telah bersedia mengantarkan beliau dan istri sampai di tanah Sumatera ini. Ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada seluruh panitia yang terlibat dalam acara ini serta kepada warga warga Peradilan Se-Sumatera Utara yang telah menerima beliau sebagai pimpinan, dan berikrar untuk bekerja sama dalam mencapai visi dan misi Pengadilan Tinggi Agama Medan.

7

Di kesempatan ini pula Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. menyampaikan kenginan Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. tentang pentingnya pelaksanaan akreditasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) serta harapannya agar seluruh Pengadilan Tinggi Agama di Indonesia menjadi pioneer dalam pelaksaanya akreditasi SMM. Berdasarkan 8 tahun pengalaman beliau diperbantukan di Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, hasil evaluasi menunjukkan bahwa semenjak lahirnya SIADPA, kinerja Peradilan Agama relatif menurun. Hal ini disebabkan karena seluruh energi Peradilan Agama dikuras untuk mensukseskan SIADPA. Walaupun terbukti bahwa SIADPA berhasil mencapai kesuksesan, namun secara bersamaan kinerja Peradilan Agama di bagian Pola Pembinaan dan Pengendalian Administrasi Pengadilan (Bindalmin) terbukti menurun. Di akhir sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan mengajak seluruh keluarga besar Peradilan Agama Se-Sumatera Utara untuk sama-sama bekerja keras dan menyingsingkan lengan baju untuk kerjaan Peradilan Agama di wilayah Sumatera Utara.

Penghujung rangkaian acara telah tiba. Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. memimpin do’a bersama sekaligus pertanda bahwa acara telah berakhir. (zuh/ap)

  • 967-sel-alimud.jpg
  • 968-duk-andry.jpg
  • 969-sel-shalah.jpg
  • 970-sel-razali.jpg
  • 971-sel-bakti.jpg
  • 972-sel-taufiq.jpg
  • 973-purn-armia1.jpg
  • 974-duk-rastawati.jpg
  • 975-duk-faudy.jpg
  • 976a-sel-pelmizar.jpg