• HK Welcome
  • HK RB
  • HK Visi
  • HK Misi
  • HK PTA

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Lantik Ketua Pengadilan Agama Kisaran Kelas I B

1

Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan yang bertepatan pada hari Kamis, 14 September 2017, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I melantik Ketua Pengadilan Agama Kisaran Kelas I B. Beliau adalah Drs. H. Alimuddin, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Cibadak Kelas I B dipercayakan untuk memimpin pengadilan agama yang belum lama naik kelas ini. Tampuk kepemimpinan sebelumnya dipegang oleh Drs. M. Ihsan, M.H. yang dimutasikan menjadi Ketua Pengadilan Agama Painan.

 

Acara yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan, perwakilan Pengadilan Agama Cibadak Kelas I B, perwakilan Pengadilan Agama Kisaran Kelas I B beserta dengan perwakilan dari Pengadilan Agama Wilayah I Sumatera Utara ini dibuka oleh Liana Roslin Lubis, S.H. (Staff Pengadilan Tinggi Agama Medan). Tepat pukul 10 WIB Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan memasuki ruangan acara, yang selanjutnya diikuti dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta acara. Acara berlanjut kepada pembacaan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI yang dalam kesempatan ini dibacakan oleh H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. (Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan).

Titik paling sakral dari rangkaian acara tiba disaat Drs. H. Alimuddin, S.H., M.H. mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. Tanpa keragu-raguan Drs. H. Alimuddin, S.H., M.H. mengucapkan didepan Dr. H. Chazim Maksalina, M.H. dan Drs. H. Abdul Latif, M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan) serta Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) sebagai rohaniawan pada siang hari itu. Setelah berita acara sumpah jabatan ditandatangani, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. memasangkan kalung jabatan kepada Drs. H. Alimuddin, S.H., M.H.

2

Acara mencapai puncaknya saat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan membacakan naskah pelantikan yang merupakan titik tonggak dimulainya masa kepemimpinan Drs. H. Alimuddin, S.H., M.H. di Pengadilan Agama Kisaran Kelas I B. Lagu Nasional hasil karya Kusbini, Bagimu Negeri selanjutnya diperdengarkan, menambah khidmat acara pelantikan pada hari itu.

Rangkaian acara berlanjut kepada bimbingan dan arahan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. Mengawali bimbingan dan arahan beliau mengingatkan tentang kejadian-kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang beberapa kali terjadi pada pejabat dan pegawai Mahkamah Agung RI belakangan ini dan menghubungkannya dengan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI no. 1 Tahun 2017, yang intinya berkaitan dengan masalah kadisplinan. Mahkamah Agung RI tidak mau berkompromi lagi terhadap segala penyimpangan, baik itu masalah korupsi maupun masalah prilaku; oleh karena itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan meminta kepada seluruh Ketua Pengadilan Agama di Sumatera Utara untuk melaksanakan pengawasan secara berjenjang.

 

3   4

 

Topik Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Peradilan Agama yang saat ini sedang hangat-hangatnya juga tidak luput dari perhatian beliau. Selain 6 Pengadilan Agama di Sumatera Utara yang telah ditunjuk sebagai pilot project dalam SAPM Peradilan Agama (baca: Deklarasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan), dalam kesempatan ini Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. mengharapkan kepada Pengadilan-Pengadilan Agama lainnya di Sumatera Utara untuk dapat segera melaksanakan SAPM ini, termasuk juga kepada Pengadilan Agama Kisaran Kelas I B yang kebetulan tidak ditunjuk sebagai pilot project, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi ketuanya yang baru beberapa saat yang lalu dilantik.

Mengakhiri sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan kembali menekankan tentang pelaksanaan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI no. 1 Tahun 2017 yang sebelumnya telah dibahas dan menyatakan bahwa beliau tidak akan segan untuk melakukan tindakan apabila terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan maklumat tersebut.

5

Pembacaan do’a yang dipimpin oleh Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. menutup acara pelantikan tersebut yang diikuti dengan sesi foto bersama (ap).

  • 965-sel-khalik.jpg
  • 966-salamiah.jpg
  • 967-sel-alimud.jpg
  • 968-duk-andry.jpg
  • 969-sel-shalah.jpg
  • 970-sel-razali.jpg
  • 971-sel-bakti.jpg
  • 972-sel-taufiq.jpg
  • 973-purn-armia1.jpg
  • 974-duk-rastawati.jpg