• HK Welcome
  • HK RB
  • HK Visi
  • HK Misi
  • HK PTA

Pengadilan Tinggi Agama Medan Gelar Rapat Koordinasi

1

Mengakhiri bulan Oktober di tahun 2017, Pengadilan Tinggi Agama Medan menggelar Rapat Koordinasi dengan Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara. Berlangsung di ruangan Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan pada 26 Oktober 2017, rapat ini dihadiri oleh seluruh Ketua, Panitera dan Sekretaris seluruh Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Dalam acara ini hadir pula Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I.; Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pahri Hamidi, S.H.; dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H.

Acara dibuka secara singkat oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan tepat pukul 09:00, yang kemudian langsung dilanjutkan dengan inti acara: rapat koordinasi, yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. Keseluruhan acara dilaksanakan dengan format rapat cepat, dikarenakan pada siang harinya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan dijadwalkan berangkat ke Jakarta untuk melaksanakan tugas kedinasan.

2   3

Hal pertama yang dibahas dalam rapat adalah tentang Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 7 Tahun 2016, khusus tentang Kedisiplinan Hakim. Beliau mengatakan salah satu cara untuk membina disiplin di kawasan kantor Pengadilan Agama yaitu dengan cara mempersiapkan blangko izin keluar, sehingga para hakim tidak dengan seenaknya keluar kantor tanpa diketahui oleh pejabat berwenang. Pembicaraan selanjutnya adalah tentang Perma No. 8 Tahun 2016 yang membahas tentang pengawasan. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan berharap agar pengawasan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh di setiap satuan kerja.

Hal berikutnya yang dibahas adalah mengenai Turnamen Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP) piala Ketua Mahkamah Agung yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Terjadi adu argumen di antara peserta rapat tentang bagaimana rencana yang akan diterapkan dalam rangka berpartisipasi dalam acara tersebut. Akhirnya kesepakatan pun tercipta setelah mendengarkan beberapa pendapat dari peserta rapat.

4   5

Penyerapan anggaran juga tidak luput dari pembahasan. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H. mengutarakan bahwa masih ada beberapa satuan kerja yang penyerapan anggarannya kurang sempurna, walaupun secara global untuk Provinsi Sumatera Utara penyerapan anggaran sudah baik. Beliau berharap semoga dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, masalah penyerapan anggaran dapat segera diselesaikan, karena penghujung tahun 2017 ini sudah tidak lama lagi akan tiba.

Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pahri Hamidi, S.H. juga berkesempatan untuk menyampaikan beberapa permasalahan terkait seputar keperkaraan di satuan kerja Tingkat I. Beberapa hal di antaranya adalah tentang eksaminasi berkas perkara dan penyampaian laporan kepaniteraan yang masih kurang sempurna.

6

Mendekati penghujung acara rapat koordinasi, Tim Support Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan diberikan kesempatan untuk memberikan paparan. Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi) selaku ketua tim memberikan presentasi di depan seluruh hadirin. Beliau memaparkan perkembangan TI di Peradilan Agama Se-Sumatera Utara serta beberapa capaian dan hasil yang telah didapat semenjak tim ini dibentuk di awal tahun 2017 ini. Beliau memberikan fakta bahwa di Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara: 100% satuan kerja telah memiliki server, 95% satuan kerja telah tercover internet, 75% koneksi internet di satuan kerja telah menggunakan koneksi fiber optik, terdapat sekitar 30 orang tenaga TI yang tersebar di beberapa satker dengan kemampuan yang cukup mumpuni, namun 75% dari tenaga TI tersebut adalah Tenaga Honorer. Sehingga beliau mengharapkan kebijakan-kebijakan yang tepat dari para pimpinan untuk mempertahankan kualitas TI yang baik untuk Peradilan Agama di Sumatera Utara ini.

Tanpa terasa matahari telah berada tepat di tengah langit. Azan Zuhur pun berkumandang. Acara rapat koordinasi pun ditutup pada pukul 12:30, dengan ucapan Hamdalah. (ap)

  • 965-sel-khalik.jpg
  • 966-salamiah.jpg
  • 967-sel-alimud.jpg
  • 968-duk-andry.jpg
  • 969-sel-shalah.jpg
  • 970-sel-razali.jpg
  • 971-sel-bakti.jpg
  • 972-sel-taufiq.jpg
  • 973-purn-armia1.jpg
  • 974-duk-rastawati.jpg