Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara Menuju SIPP 3.2.0

1

Menindaklanjuti dari kegiatan Training of Trainers (ToT) Sistem Infromasi Penelusuran Perkara (SIPP) Tahap II yang diadakan oleh Mahkamah Agung RI di Bekasi pada 27-30 November lalu, pengadilan Tinggi Agama Medan mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Upgrade SIPP versi 3.2.0.

Acara ini, pada pembukaannya dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I.; Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pelmizar, M.H.I.; beberapa orang Hakim Tinggi Pengawas Bidang; Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I B: Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H.; Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Medan: Fakhruddin Siregar, S.Ag., M.H.; Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan: Muhammad Nasri, S.H., M.M.; Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Pengadilan Tinggi Agama Medan: Muhammad Syahrur Ramadhan, S.H., M.H. beserta seluruh tenaga Teknologi Informasi dari seluruh Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara.

2

Acara dibuka oleh Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pahri Hamidi, S.H. Kemudian dilanjutkan dengan bimbingan dan arahan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. Mengawali sambutannya beliau mengatakan bahwa sosialisasi dan pelatihan hari ini adalah hal yang sangat penting, karena mengingat amanat Ketua Mahkamah Agung RI: Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. yang memerintahkan bahwa sebelum ayam jantan berkokok tahun 2018, seluruh pengadilan sudah menerapkan SIPP versi 3.2.0. Beliau juga berharap di waktu yang akan datang, SIPP harus dilaksanakan secara menyeluruh.

3   4

Dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan juga mengutarakan berita tentang implementasi SIPP yang sudah lama berhembus, yaitu: masih ada pimpinan pengadilan yang menganggap bahwa pelaksanaan SIPP ini hanya dilakukan oleh operator atau tenaga yang mengelola Teknologi Informasi. Beliau menambahkan bahwa dalam SIPP, semua orang yang berkepentingan dalam jalannya perkara harus berperan aktif dalam mengunakan SIPP tersebut. Dan beliau berharap apabila masih ada pimpinan Pengadilan Agama di Sumatera Utara yang masih memiliki pola pikir seperti itu, agar staff atau siapa pun yang tahu, untuk melaporkan hal tersebut langsung ke Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan atau Ketua Tim Satgas TI Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Berbicara tentang Tim Satgas TI Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. menyampaikan bahwa akan ada pembentukan Tim Satgas TI yang baru yang lebih terstruktur dengan baik demi kemajuan teknologi informasi di Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara.

Acara kemudian berlanjut kepada acara sosialiasi SIPP versi 3.2.0. yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Ketua Tim Support TI Pengadilan Tinggi Agama Medan yang juga merupakan Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi: Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. Dalam pemaparannya beliau sedikit mengupas tetang perkembangan SIPP selama ini. Beliau beliaum juga memaparkan keunggulan dari SIPP terbaru ini seperti: delegasi (tabayun) online yang sudah lebih baik dan integrasi SIPP dengan Direktori Putusan yang selama ini sudah dinantikan oleh pengguna SIPP di seluruh Indonesia.

5

Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. juga mengutarakan rencana Tim Satgas TI Pengadilan Tinggi Agama Medan di waktu yang akan datang. Diantaranya bahwa Pengadilan Tinggi Agama Medan direncanakan akan menjadi media cadangan dari database SIPP seluruh satuan kerja Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara. Selain itu tim juga berencana untuk nantinya dapat menelurkan satu atau beberapa trobosan yang dapat dibanggakan di tingkat nasional.

6   7

Setelah selesai istirahat dan menunaikan sholat, seluruh peserta bersiap-siap untuk melakukan simulasi uprade SIPP ke versi 3.2.0. Utusan Pengadilan Tinggi Agama Medan di kegiatan ToT SIPP Tahap II yang lalu: Aulia Putera (Tenaga Honorer Pengadilan Tinggi Agama Medan) dengan bantuan dari Tim Support TI Pengadilan Tinggi Agama Medan mulai melaksanakan prosedur-prosedur yang telah direncanakan sebelumnya. Walau telah direncanakan dengan matang, namun ada saja kendala yang menghambat. Kendala terbesar adalah banyak utusan satuan kerja yang belum memasang sistem operasi CentOS 7 secara virtulisasi pada kaptop yang telah mereka bawa, seperti yang telah disyaratkan dalam surat pemanggilan. Alhasil terjadi keterlambatan jadwal keseluruhan acara. Namun begitu Tim Satgas IT akhirnya menemukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

8

Waktu telah mencapai sore hari. Jam kerja pada hari tersebut sudah mendekati penghujung. Seharusnya acara ditutup pada saat itu. Namun karena semangat peserta yang masih membara, akhirnya seluruh peserta sepakat untuk meneruskan acara hingga malam, dengan harapan malam itu juga seluruh peserta sudah berhasil melakukan simulasi upgrade SIPP 3.2.0. agar seluruh peserta bisa mulai mengupgrade server di satuan kerja masing-masing secepatnya.

Akhirnya dengan kerja keras tanpa lelah dari Tim Satgas Pengadilan Tinggi Agama Medan, panitia acara dan seluruh peserta sosialisasi dan pelatihan tersebut, simulasi upgrade SIPP ke versi 3.2.0. berhasil dilaksanakan dengan baik. Acara berakhir sekitar pukul 20:30 malam yang diakhiri dengan foto bersama. (ap)

  • 962-duk-abd-haris.jpg
  • 963-duk-rakimah.jpg
  • 964-duk-faidullah.jpg
  • 965-sel-khalik.jpg
  • 966-salamiah.jpg
  • 967-sel-alimud.jpg
  • 968-duk-andry.jpg
  • 969-sel-shalah.jpg
  • 970-sel-razali.jpg
  • 971-sel-bakti.jpg