Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Melakukan Pemeriksaan di Pengadilan Agama Tarutung untuk Evaluasi Kinerja

 photo 2024 07 02 10 36 43

Tarutung, 27 Juni 2024 – Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia (Bawas MA RI) melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Tarutung dalam rangka melaksanakan Pemeriksaan Reguler. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengevaluasi kinerja serta pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pengadilan Agama Tarutung.

Ruang lingkup Pemeriksaan Reguler yang dilakukan mencakup Manajemen Peradilan dan Kinerja Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, dan Administrasi Umum. Anggota tim pemeriksa yang terdiri dari berbagai perwakilan Bawas MA RI dipimpin oleh Sugiyanto, Kepala Badan Pengawasan.

Dalam kunjungannya, tim pemeriksa Bawas MA RI diterima oleh jajaran pimpinan Pengadilan Agama Tarutung serta dihadiri oleh sejumlah hakim tinggi pengawas dan anggota staf administrasi. Diskusi intensif pun dilakukan guna memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai berbagai aspek yang menjadi objek pemeriksaan.

 

photo 2024 07 02 11 20 49

“Sangat penting bagi kami untuk melakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerja pengadilan, termasuk di Pengadilan Agama Tarutung. Dengan melakukan pemeriksaan reguler, kami berharap dapat memberikan masukan yang konstruktif untuk peningkatan kualitas pelayanan dan penegakan hukum di wilayah ini,” ungkap Sugiyanto selaku Kepala Badan Pengawasan.

Selama kunjungan tersebut, anggota tim pemeriksa Bawas MA RI melakukan serangkaian kegiatan evaluasi, termasuk pengumpulan data, wawancara dengan pegawai pengadilan, serta peninjauan langsung terhadap proses administrasi dan persidangan.

“Kami berkomitmen untuk terus menjaga integritas dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Kunjungan dan pemeriksaan ini akan menjadi bahan evaluasi penting bagi kami dalam upaya memperbaiki dan mengembangkan sistem peradilan yang lebih baik di Pengadilan Agama Tarutung,” ungkap salah satu hakim tinggi pengawas yang turut hadir dalam pertemuan ini.

Setelah pemeriksaan selesai dilakukan, tim pemeriksa Bawas MA RI akan menyusun laporan evaluasi yang kemudian akan disampaikan kepada pimpinan Pengadilan Agama Tarutung untuk ditindaklanjuti secara lebih lanjut. Semoga, melalui kolaborasi antara Bawas MA RI dan Pengadilan Agama Tarutung, upaya penegakan hukum dan pelayanan publik dapat terus ditingkatkan demi kepentingan masyarakat luas. (Tim IT PA Trt)

  • 784-s-lalumuhammad.jpg
  • 785-s-munzir.jpg
  • 786-s-syaifuddin-rev.jpg
  • 787-s-syafruddin.jpg