• HK Welcome
  • HK RB
  • HK Visi
  • HK Misi
  • HK PTA

Uji Coba Perdana Sistem Pengawasan Online Pengadilan Tinggi Agama Medan: SUKSES!

1

Sekitar tiga minggu berlalu semenjak Tim Satgas Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan (Satgas TI PTA Medan) bekerja keras melakukan penggodokan dan pengembangan yang dimulai pada awal Juli 2017. Usaha tersebut berbuah manis setelah pada 24 Juli 2017 Satgas TI PTA Medan berhasil menjembatani hubungan jarak jauh antara Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B melalui sebuah teleconference “plus”.

Dikatakan “plus” karena dalam sesi teleconference ini tidak hanya menghubungkan para pembicara melalui tampilan audio dan video secara dua arah saja, tapi sekaligus juga memperlihatkan tampilan desktop salah satu komputer yang berada di satuan kerja yang sedang dilakukan pengawasan. Komputer ini disiapkan untuk melakukan pengujian atas kemampuan beberapa anggota satuan kerja tersebut dalam menggunakan berbagai aplikasi yang digunakan dalam sebuah Pengadilan Agama. Direncanakan bahwa Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan atau Hakim Tinggi Pengawas Bidang akan memilih anggota satuan kerja yang hadir di dalam teleconference tersebut secara acak untuk menggunakan komputer tersebut dan melakukan berbagai perintah yang diberikan oleh pembicara dari Pengadilan Tinggi Agama Medan. Untuk tahap pertama dari Pengawasan Online ini, pengujian hanya dilakukan pada aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Mahkamah Agung RI.

2   3

Metode pengawasan seperti ini diharapkan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan setiap dilaksanakan sebuah pengawasan ke satuan kerja. Selain itu, karena bersifat jarak jauh, maka pengawasan ini dapat dilakukan setiap saat dan berulang kali dalam setiap tahunnya.

Kurang beberapa menit dari pukul 15:00, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. memasuki ruang rapat Pengadilan Tinggi Agama Medan, yang diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Pelmizar, M.H.I. serta Hakim Tinggi Pengawas Daerah PA Lubuk Pakam: M. Ridwan Siregar, S.H. Di dalam ruang rapat tersebut sebelumnya telah hadir Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi/Ketua Tim Satgas TI PTA Medan: Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H., beserta dengan 2 orang anggotanya: Aulia Putera (Tenaga Honorer Pengadilan Tinggi Agama Medan) dan Rahmat Habibi, S.Kom. (Tenaga Honorer Pengadilan Agama Medan Kelas I A).

4

Tibalah di saat mendebarkan di saat operator mengklik icon video call pada aplikasi Skype™ yang telah dipersiapkan sebelumnya. Beberapa detik kemudian muncul tampilan video langsung dari Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan mengucapkan “Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh”, yang kemudian dibalas dengan ucapan “Wa’alaikum Salam Warahmatullohi Wabarakatuh” secara serentak oleh peserta pengawasan yang berjarak kurang lebih 40 Km jauhnya dari Pengadilan Tinggi Agama Medan. Tim Satgas TI PTA Medan bisa sedikit bernafas lega karena audio dan video feed telah berhasil dengan baik di kedua sisi teleconference.

Melalui layar kaca, tampak telah hadir Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I-B: Drs. H. Amir Hamzah, S.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I-B: Drs. H. Imaluddin, S.H., M.H., para Hakim Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B, pejabat struktural dan fungsional, serta para pegawai Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B.

5

M. Iqbal Zulfikar, S.E., M.M. selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B, beserta dengan Anton dan Zubaidah Afni, S.Kom. (Tenaga Honorer Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B) tampaknya telah mempersiapkan segalanya dengan sangat baik, sehingga tampilan video beresolusi 720p di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B terlihat jelas di Pengadilan Tinggi Agama Medan. Suara yang diperdengarkan juga cukup jelas yang dibuktikan dengan tidak perlu adanya perulangan kalimat yang diminta oleh pembicara di Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Sesi Pengawasan Online kali ini dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Pelmizar, M.H.I. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Armia Ibrahim, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim Satgas IT yang telah bersusah payah untuk membuat sistem pengawasan online ini. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa setelah sistem ini sempurna maka Pengadilan Tinggi Agama Medan dapat mengawasi seluruh Pengadilan Agama di Sumatera Utara.

Acara berlanjut kepada sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I-B: Drs. H. Amir Hamzah, S.H. Dalam sambutannya beliau menghaturkan rasa terima kasih karena Pengadilan Tinggi Agama Medan dan Tim Satgas IT PTA Medan telah memilih Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B senagai satuan kerja uji coba untuk sistem pengawasan online ini. Semoga event tersebit dapat memberikan semangat kepada Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B untuk terus bekerja dengan sebaik-baiknya.

6

Sesi Pengawasan Online bergulir menuju inti acara. Dalam hal ini Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. selaku Ketua Tim Satgas IT PTA Medan bertindak sebagai pembicara. Beliau memerintahkan admin SIPP untuk menggunakan komputer yang tersedia di sana dan membuka halaman depan SIPP. Dalam sesi ini beliau mengomentari tentang Status Perkara yang diperlihatkan oleh SIPP di layar. Kemudian beliau juga memerintahkan untuk membuka salah satu perkara yang sedang berjalan secara acak, untuk melihat kedisiplinan pengguna (user) dalam menggunakan SIPP. Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan kemudian juga memberikan komentar atas apa yang ditampilkan. Komentar tersebut kemudian dibalas oleh Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B. Sehingga tercipta suatu komunikasi 2 arah yang baik.

7

Dalam kesempatan ini juga Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. memperkenalkan sebuah aplikasi garapan dari Tim Satgas TI Pengadilan Tinggi Agama Medan yang bertajuk: Dashboard SIPP. Aplikasi ini dikembangkan untuk memonitoring penggunaan SIPP di setiap satuan kerja. Awalnya aplikasi tersebut dibuat oleh Kurniawan, S.Kom. (Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Agama Kisaran) dan kemudian dikembangkan Tim Satgas TI Pengadilan Tinggi Agama Medan untuk dapat digunakan di seluruh Peradilan Agama di Sumatera Utara.

Tidak terasa lebih dari 45 menit sesi Pengawasan Online telah berlalu. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. Pelmizar menutup sesi ini dengan komentar: “Sukses!”, beserta dengan ucapan Alhamdulillah. (ap; Foto: mizh/rh/za)

  • 965-sel-khalik.jpg
  • 966-salamiah.jpg
  • 967-sel-alimud.jpg
  • 968-duk-andry.jpg
  • 969-sel-shalah.jpg
  • 970-sel-razali.jpg
  • 971-sel-bakti.jpg
  • 972-sel-taufiq.jpg
  • 973-purn-armia1.jpg
  • 974-duk-rastawati.jpg