• HK Welcome
  • HK RB
  • HK Visi
  • HK Misi
  • HK PTA

Deklarasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan

1

Setelah melalui proses seleksi, pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Medan akhirnya mengambil keputusan untuk memilih enam satuan kerja Pengadilan Agama di Sumatera Utara dari total dua puluh satuan kerja, sebagai Pilot Project yang diajukan untuk memperoleh Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama pada tahun 2017.

Ke enam Pengadilan Agama yang terpilih tersebut adalah:

  1. Pengadilan Agama Stabat Kelas I B
  2. Pengadilan Agama Binjai
  3. Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B
  4. Pengadilan Agama Kabanjahe
  5. Pengadilan Agama Pematang Siantar, dan
  6. Pengadilan Agama Tebing Tinggi

25 Agustus 2017 merupakan tonggak sejarah APM Pengadilan Agama di Sumatera Utara. Pada hari itu ke enam Pengadilan Agama tersebut ditambah dengan Pengadilan Tinggi Agama Medan melakukan Deklarasi APM Pengadilan Agama. Deklarasi ini dilakukan di depan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. yang dijembatani dengan teknologi informasi hasil kerja dari Tim Satgas Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan (Satgas TI PTA Medan) melalui teleconference ke enam Pengadilan Agama yang terpilih tersebut secara simultan.

2

Berbekal keberhasilan dari Sistem Pengawasan Online yang sudah pernah diujicobakan sebelumnya (baca: Uji Coba Perdana Sistem Pengawasan Online Pengadilan Tinggi Agama Medan: SUKSES!), Satgas TI PTA Medan dengan komando dari Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi), bekerja keras selama sekitar 2 hari untuk merencanakan sistem teleconference kepada enam satuan kerja ini. Kerja keras terbayar sudah di saat ke enam Pengadilan Agama tersebut tampil di layar proyektor dengan kualitas gambar dengan resolusi 720p yang cukup baik.

Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan menjadi tempat yang digunakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan saat melakukan deklarasi ini, sementara itu setiap Pengadilan Agama yang terpilih menggunakan ruang sidang utamanya masing-masing. Duduk di kursi terdepan pada acara ini: Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I.; Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. H. Pelmizar, M.H.I.; Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. H. Pahri Hamidi, S.H.; dan Sekretaris H. Hilman Lubis, S.H., M.H. Diikuti di belakangnya, seluruh pejabat fungsional dan struktural serta pegawai Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. (Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan) bertindak sebagai pembawa acara. Acara bergulir kepada laporan pelaksanaan Sosialisasi APM Pengadilan Agama yang secara bergantian dilakukan oleh setiap Ketua Pengadilan Agama. Ke enam satuan kerja tersebut menyatakan siap dan mampu untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang sesuai dengan standar APM Pengadilan Agama.

3   4

Acara berlanjut dengan sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Mengawali sambutannya beliau mengatakan bahwa Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama merupakan program nasional Mahkamah Agung RI yang harus kita laksanakan bersama-sama sebagai wujud kita untuk bekerja dengan baik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Pengadilan Agama yang berorientasi kepada prinsip efektif dan efisien untuk mewujudkan pelayanan prima bagi pengguna jasa pengadilan yaitu masyarakat pencari keadilan. Selain itu Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. juga menyampaikan bahwa akreditasi penjaminan mutu ini disusun dengan berbasis ISO 9001:2015 yang merupakan standar lengkap dan relevan dengan kebijakan Pengadilan Agama, karena menerapkan risk based thinking. Sehingga pelayanan yang diproses mulai dari merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan menindaklanjuti dapat lebih efektif dan efisien sehingga dapat dinyatakan sebagai pelayanan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat pencari keadilan.

Mengakhiri sambutannya beliau mengharapkan nantinya Pengadilan Agama yang lain di wilayah Sumatera Utara dapat segera juga menyusul untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan akreditasi penjaminan mutu, walaupun demikian Pengadilan Agama-Pengadilan Agama tersebut tetap melaksanakan akreditasi penjaminan mutu. Akhirnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menutup sambutannya dengan berkata: MAJU BERSAMA MENGGALANG AKSI, MERAIH PRESTASI DALAM AKREDITASI, DEMI TERWUJUDNYA PENGADILAN AGAMA YANG BERSETIFIKASI.

5

Rangkaian acara mencapai puncaknya di saat setiap satuan kerja mendeklarasikan kesiapan mereka dalam mengikuti proses APM Pengadilan Agama, diikuti dengan yel-yel penyemangat yang merupakan hasil kreasi masing-masing Pengadilan Agama. Dimulai dari goyangan tubuh hingga teriakan lantang “YES” dilakukan oleh setiap Pengadilan Agama dengan sungguh-sungguh. Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan pun tidak ingin kalah dengan semangat yang dipertontonkan satuan kerja lainnya. Di bawah komando Dra. Hj. Rokhanah, S.H., M.H., seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Tinggi Agama Medan melakukan deklarasi dan yel-yelnya dengan penuh semangat.

6

Deklarasi yang disampaikan oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan merupakan penutup dari seluruh rangkaian acara hari ini. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. menutup acara dengan melantangkan: “AKREDITASI…. YES, YES, YES….” (ap)

  • 965-sel-khalik.jpg
  • 966-salamiah.jpg
  • 967-sel-alimud.jpg
  • 968-duk-andry.jpg
  • 969-sel-shalah.jpg
  • 970-sel-razali.jpg
  • 971-sel-bakti.jpg
  • 972-sel-taufiq.jpg
  • 973-purn-armia1.jpg
  • 974-duk-rastawati.jpg