1

Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI No 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru serta menindaklanjuti Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No 183/KMA/SK/IX/2018 tentang penetapan tanggal dan tempat peresmian operasional pengadilan baru.

2

Dalam rangka pelaksanaan Surat Edaran tersebut, Pengadilan Agama Rantauprapat sebagai salah satu Pengadilan dibawah Mahkamah Agung dari lingkungan Peradilan Agama pada Senin Tanggal 22 Oktober 2018 Pengadilan Agama Rantauprapat Drs H Bakti Ritonga SH., MH dan para hakim serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Rantauprapat menyaksikan bersama Live streaming acara peresmian 85 Satuan Kerja baru oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali,. S.H., M.H di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. 85 pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 badan peradilan yaitu 30 Pengadilan Negeri, 3 Mahkamah Syariah serta 2 Pengadilan Tata Usaha Negara dan 50 Pengadilan Agama. Dari 50 Pengadilan Agama ada 2 Pengadilan Agama yang berada di bawah wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan yakni Pengadilan Agama Sei Rampah dan Pengadilan Agama Sibuhuan.

Di awal sambutannya beliau menyatakan alasan Terpilihnya Melounguane sebagai tempat peresmian 85 Pengadilan baru, “ Dengan Mempertimbangkan beberapa aspek, pimpinan Mahkamah Agung menilai dan telah menetapkan bahwa melounguane yang berada dikepulauan Talaud memiliki nilai strategis karena berada diujung utara Indonesia, Dimana di kabupaten tersebut terdapat pula kecamatan Miangas yang merupakan batas wilayah Negara Republik Indonesia yang berbatasan dengan Negara Filipina. Penetapan Melounguane sebagai tempat peresmian juga mendorong langkah pemerintah dalam meningkatkan diri kepada para pencari keadilan khususnya didaerah perbatasan Indonesia”.

Pimpinan Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali,. S.H., M.H juga menyatakan tentang salah satu tujuan membentuk 85 Pengadilan baru se-Indonesia merupakan langkah untuk mempermudah akses masyarakat terhadap keadilan, serta mendorong pemerataan daerah-daerah yang selama ini masih di anggap daerah terpencil khusunya daerah yang menjadi serambi depan Indonesia atau daerah perbatasan.

Di akhir amanahnya Pimpinan Mahkamah Agung RI menitipkan pesan kepada segenap jajaran forum komunikasi pemimpin daerah dari wilayah 85 daerah pengadilan baru yang diresmikan pada hari ini agar bisa bersama-sama menjaga dan merawat kehormatan penegakkan hukum demi terwujudnya penegakkan hukum yang berkeadilan untuk seluruh pencari keadilan.

Seluruh Aparatur Pengadilan Agama Rantauprapat mengucapkan selamat atas peresmian 85 Pengadilan baru.

  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png