1

Berdasarkan Pengumuman Panitia Pusat Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi MA RI Tahun 2021, Nomor 22/Pansel/Japati/11/2021, pada hari ini Rabu (12/01/2022) tercatat ada 30 orang peserta dari seluruh satker MA dan badan peradilan di bawahnya yang mengikuti seleksi Japati pratama, 2 (dua) diantaranya berasal dari PTA Medan yaitu Kabag Umum dan Keuangan Fakhruddin Siregar dan Kabag Perencanaan dan Kepegawaian Muhammad Nasri.

Fakhruddin Siregar dan Muhammad Nasri berhak mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan pemberkasan. Fakhruddin Siregar sendiri mengikuti seleksi calon Sekretaris Pengadilan Negeri Bandung Klas I-A Khusus dan Muhammad Nasri mengikuti seleksi calon Sekretaris Pengadilan Tinggi Pontianak.

2

Pelaksanaan seleksi JPT Pratama tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu hari Rabu dan Kamis (12-13/01) secara online. Tepat pukul 09.00 Wib hari ini, seleksi pun dilaksanakan dengan mengambil tempat di command center. Selama berlangsungnya seleksi, peserta diawasi oleh Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan dan  Hakim Tinggi H. A. Hamid Saleh. Meskipun seleksi dilaksanakan di satker masing-masing, namun seleksi ini termasuk kategori closely monitored (pengawasan yang ketat) karena kamera pengawasan di lokasi ujian terhubung langsung dengan panitia pusat. Jadi panitia pusat dapat memonitor suasana yang terjadi selama berlangsungnya seleksi. Disamping itu siapa pun tidak diperkenankan masuk ke ruang ujian kecuali peserta dan pengawas.

Ada beberapa tahapan yang harus diikuti peserta seleksi Japati ini, yang pertama yaitu Assesment Center / Uji Kompetensi, jika peserta dinyatakan lulus pada tahap ini, maka yang bersangkutan berhak lanjut ke tahapan berikutnya yaitu Penulisan Makalah, Presentasi Makalah dan terakhir Wawancara.

Sebelum ujian berlangsung, Panitia Seleksi Daerah PTA Medan telah mempersiapkan segala sesuatu untuk kelancaran pelaksanaan seleksi, antara lain meminta penambahan bandwith internet sementara kepada provider internet selama berlangsungnya ujian. Hal ini dimaksudkan supaya kecepatan akses data menjadi lebih maksimal, yang semula 50 Mbps : 50 Mbps menjadi 100 Mbps : 100Mbps. Demikian pula halnya dengan perangkat pendukung baik hadware maupun software telah dipersiapkan sedemikian rupa. Alhamdulillah ujian berlangsung dengan lancar  tidak ada kendala.

Sementara itu, ditemui sebelum seleksi Japati dimulai, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan memberikan support dan semangat kepada Fakhruddin Siregar dan Muhammad Nasri agar teliti dan seksama memahami soal ujian sebelum memberikan jawaban. “Semangat dan semoga Anda berdua diberi kemudahan dan dinyatakan lulus dalam seleksi ini,” kata H. Abd. Hamid Pulungan memotivasi. (ahp)

  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg