1

Bertempat di ruang Rapat Pimpinan LT. II Pengadilan Tinggi Agama Medan, pada hari Senin tanggal 08 Agustus 2022 diadakan Sosialisasi Aplikasi PARIBAN (Proses Administrasi dan Informasi Perkara Banding). Rapat dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Rapat dihadiri oleh Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Rafi’uddin, Panitera H. Abdul Wahid, Hakim Tinggi, Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Banding serta Panitera Pengganti.

Dalam arahannya Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan Pengadilan Tinggi Agama Medan selalu berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. Aplikasi Pariban ini sangat bermanfaat agar mendisiplinkan satker yang mempunyai perkara banding. Dalam sosialisasi ini disampaikan bagaimana menggunakan Aplikasi tersebut dengan baik dan mudah.  Ada beberapa manfaat Aplikasi Pariban di antaranya, menghemat waktu dan menghemat biaya. 

2

“PTA Medan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan, antara lain dengan berinovasi seperti inovasi aplikasi Pariban,” kata H. Abd. Hamid Pulungan.

“Semua Hakim Tinggi dan panitera pengganti harus mahir mengimplementasikan aplikasi Pariban ini, dan saya sarankan supaya dilaksanakan DDTK,” tandasnya lagi.

Pada Aplikasi ini kita bisa memastikan apakah perkara itu dapat diputuskan dengan putusan sela atau tidak. Perkara di Aplikasi Pariban ini diputus satu minggu dan paling lambat 15 hari. Semua kelompok PMH bisa dimuat di aplikasi, Jika Satker terlambat upload bundel A lebih dari seminggu maka harus diunlock oleh PTA Medan.

Salah seorang Hakim Tinggi H. Maharnis menyebutkan, dirinya sangat mendukung penerapan aplikasi Pariban karena membantu masyarakat pencari keadilan untuk mempermudah dan mempercepat penyelesaian perkara yang diajukan. Oleh sebab itu, lanjutnya lagi, supaya diadakan DDTK agar dapat dimengerti dan dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya. “Saya mendukung sepenuhnya penerapan aplikasi Pariban karena membantu masyarakat mempercepat proses perkara banding yang diajukannya,” papar H. Maharnis.

Di akhir acara Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menyampaikan bahwa kita semua harus benar-benar dapat menggunakan Aplikasi Pariban dengan sebaik mungkin sehingga inovasi ini dapat terimplementasikan sesuai dengan yang diharapkan. Demikian Sosialisasi Aplikasi Pariban (Proses Administrasi dan Informasi Perkara Banding).  Semoga dapat dipedomani dan dilaksanakan  dengan baik. (RAN)

 

  • 796-d-manan.jpg
  • 797-s-amrani.jpg
  • 798-s-syarwani.jpg
  • 799-s-asran.jpg
  • 800-s-armiwati.jpg
  • 801-s-edy.jpg
  • 802-p-rohyan.jpg