Pelantikan 8 Ketua Pengadilan Agama Dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan

1

Rabu, 7 Maret 2018, pukul 09.30 WIB bertempat di Aula Hotel Garuda Plaza Medan, Ketua PTA Medan Drs. M. TAUFIQ HZ, M.H.I, melantik dan mengambil sumpah 8 orang Ketua Pengadilan Agama wilayah Hukum Sumatera Utara dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua PA tersebut berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 25/KMA/SK/I/2018 tanggal 26 Januari 2018 dan untuk Pelantikan Panitera PTA Medan berdasarkan Keputusan DIrektur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 111/DJA/KP.04.6/SK/2/2018 tanggal 1 Februari 2018.

2

Ketua Pengadilan Agama yang dilantik sebagai berikut :

No

Nama

Jabatan Lama

Jabatan Baru

1

Drs. Misran, S.H., M.H.

Ketua Mahkamah Syar’i-yah Banda Aceh Klas IA

Ketua Pengadilan Agama Medan Klas IA

2

Alwin, S.Ag., M.H.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli Klas II

Ketua Pengadilan Agama Gunungsitoli Klas II

3

Buniyamin Hasibuan, S.Ag.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Padangsidimpuan Klas II

Ketua Pengadilan Agama  Padangsidimpuan Klas II

4

Drs. Irmantasir, M.H.I

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pandan Klas II

Ketua Pengadilan Agama  Pandan Klas II

5

Mhd. Harmaini, S.Ag., S.H.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Sibolga Klas II

Ketua Pengadilan Agama Sibolga Klas II

6

Ishak Lubis, S.Ag.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Tarutung Klas II

Ketua Pengadilan Agama Tarutung Klas II

7

Rohyan, S.H.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe Klas II

Ketua Pengadilan Agama Sidikalang Klas II

8

Dr. Hj. Sakwanah, S.Ag., S.H., M.H.

Wakil Ketua Pengadilan Tanjung Balai Klas II

Ketua Pengadilan Agama Binjai Klas II

Bersamaan dengan Pelantikan delapan  Ketua Pengadilan Agama tersebut, dilantik juga Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan yaitu Drs. Kurthubi, M.H., yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Pengadilan Tinggi Agama Kendari.

5 6

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Pegawai, Honorer dan Ibu-ibu DYK PTA Medan. Hadir juga Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se Sumatera Utara. Hadir undangan dari luar Sumatera Utara yaitu Wakil Ketua, Hakim dan Pegawai rombongan dari Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh dan tamu undangan lainnya.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan SK oleh Kasubbag Kepegawaian dan IT, Muhammad Nasri, S.H., M.M. Kali ini susunan acara berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasanya setelah pembacaan SK acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Namun acara dilanjutkan dengan pelantikan terlebih dahulu, hal ini didasarkan pada Perka BKN No. 7 Tahun 2017 tentang Tatacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi. Setelah Pelantikan acara dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah Jabatan dengan saksi Drs. H. Abdul Latif, M.H., dan Dr. H. Achmad Zainullah, S.H., M.H. dan rohaniwan Drs. H. Syofyan Sauri, S.H., M.H.

Setelah penandatanganan berita acara sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan pemasangan kalung jabatan, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh Pejabat yang dilantik. Acara selanjutnya adalah serah terima jabatan dari Pejabat lama kepada Pejabat baru. Serah terima dilakukan oleh 8 Ketua PA dan Panitera PTA Medan.

3 4

Ketua PTA Medan (Drs. M. Taufiq, HZ, M.HI) dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 8 Ketua yang baru dilantik. Dengan diangkatnya Saudara sebagai Pejabat di depan tugas berat sedang menunggu terutama hal-hal yang berkaitan dengan SAPM. Bagi Pengadilan yang sudah menerapkan SAPM bahkan sudah mendapatkan pengakuan berupa mendapatkan Sertifikat Akreditasi Peradilan Agama maupun bagi yang belum sama beratnya. Bagi yang sudah adalah implementasi SAPM itu sendiri. Bagi yang belum diharapkan bisa melaksanakan SAPM dalam waktu secepat-cepatnya tidak perlu menunggu tahap ketiga. Karena waktu terbatas, 1 s.d. 2 bulan bukan perkara yang mudah, oleh karenanya mulai lebih awal penerapan SAPM akan lebih mudah, tidak perlu menunggu penyempurnaan SAPM yang disusun oleh Badilag.

Besok tanggal 8 Maret 2018 Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris akan berangkat ke Semarang dalam rangka diklat dan penyempurnaan SAPM. PTA Medan sendiri sudah memulai dan menerapkan SAPM di tingkat banding. Insya Allah standar yang dibuat oleh PTA Medan akan menjadi standar nasional.

7

Dalam waktu dekat PTA Medan akan melaksanakan pengawasan reguler. Oleh karenanya Ketua yang baru dilantik dapat memimpin dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. PTA sudah uji coba ke beberapa PA, yaitu PA Rantau Prapat, Tanjung Balai, Medan dan Kisaran, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Kenyataan di lapangan tidak sesuai dengan laporan yang disampaikan. Ke depan kita tidak ingin hal ini terjadi lagi. Ini tantangan bagi Ketua baru, tidak perlu takut, semua bisa ditangani asal ada kemauan dan keinginan untuk menjadi yang lebih baik. Kepada Ketua yang mutasi, kami ucapkan terima kasih atas pengabdian dan kinerjanya selama bertugas di Pengadilan Agama Sumatera Utara. Selamat bertugas di tempat yang baru semoga sukses selalu.

Acara ditutup dengan pembacaan doa, foto bersama dan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik. (Amr)

  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png
  • 981-s-zulfikar.png
  • 982-s-syahril.png
  • 983-s-rahmah.png
  • 984-s-pelmizar1.jpg
  • 985-d-abdrahman.jpg
  • 986-d-junaida.jpg
  • 987-s-halimatun.jpg
  • 988-s-wahyu-k-lbs.jpg
  • 989-s-husnah.jpg
  • 990-s-khairuddin.jpg