1

Menjelang HUT Republik Indonesia ke 73 merupakan awal kedinasan baru bagi dua orang pejabat Peradilan Agama di Sumatera Utara. Kedua orang ini mendapatkan promosi menjadi pejabat di Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Pejabat pertama adalah Muhammad Nasri S.H., M.M. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan selama kurang lebih 2,5 tahun, dipromosikan menjadi Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan. Jabatan kepala bagian ini sebelumnya ditempati oleh H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. yang dimutasikan menjadi Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo Kelas I A (Provinsi Jawa Tengah).

Pejabat kedua adalah Arief Ismudiarto S.Kom. yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Pengadilan Agama Kabanjahe selama kurang lebih 2,5 tahun, dipromosikan menjadi Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan yang sebelumnya diduduki oleh Muhammad Nasri S.H., M.M. Promosi ini juga menandakan hijrahnya beliau dari Pengadilan Agama Kabanjahe setelah kurang lebih 9 tahun mengabdi di sana.

Menjelang pukul 9:30 WIB, Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan telah dipenuhi hadirin yang menyaksikan momen sakral ini. Hadir dalam acara pelantikan tersebut adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. seluruh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan; Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Kurthubi, M.H.; Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H.; Ketua Pengadilan Agama Kabajahe: Muhammad Razali, S.Ag., S.H., M.H. beserta seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Tinggi Agama Medan serta Pengadilan Agama Kabanjahe yang mengantarkan perpindahan tugas Arief Ismudiarto S.Kom.

2 3

Addelaida Rangkuti, S.H., M.M. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) mengawali acara dengan mengajak hadirin melafadzkan Basmalah. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. mengambil tempat beberapa saat kemudian. Lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dikumandangkan. Setelah itu, Ahmad Wahyudi Nasution, S.Th.I., S.H. (Fungsional Umum Pengadilan Tinggi Agama Medan) membacakan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama.

Acara pelantikan memasuki momen paling sakral, dimana kedua pejabat tersebut diambil sumpahnya sebagai pejabat negara. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H. dan Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Medan: Fakhruddin Siregar, S.Ag., M.H. menjadi saksi atas pengambilan sumpah ini. Untaian acara akhirnya mencapai puncak saat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. melantik kedua pejabat tersebut yang merupakan titik tolak mengemban amanah baru sebagai pejabat di Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan. Acara menjadi semakin khidmat dengan iringan lagu Bagimu Negeri yang dilantunkan sesaat setelah naskah pelantikan selesai diucapkan.

4

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. kemudian mengisi acara berikutnya dengan memberikan arahan dan bimbingan. Mengawali arahannya beliau menyampaikan bahwa mutasi dan promosi adalah yang lumrah dalam berkarier sebagai Pegawai Negeri Sipil. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan mengatakan bahwa tuntutan kerja kita sebagai aparatur Mahkamah Agung semakin berat saat ini, apalagi dengan tuntutan Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu (SAPM) yang menjadi viral di kalangan Mahkamah Agung. Walaupun saat ini sumber daya manusia yang ada dinilai sangat kurang, namun tidak ada cara lain untuk menghadapi semua itu, yaitu dengan meningkatkan kinerja, bekerja lebih serius, bekerja lebih keras tanpa harus banyak mengeluh. Beliau juga dalam kesempatan ini menghimbau kepada seluruh pejabat di Peradilan Agama Se-Sumatera Utara untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum dan kode etik, yang dapat merugikan institusi, masyarakat dan diri sendiri. Beliau menegaskan bahwa sebagai pimpinan akan melakukan tindakan tegas kepada siapapun yang melakukan perbuatan melanggar hukum tanpa pandang bulu, karena pimpinan Mahkamah Agung pun akan melakukan hal yang sama.

Mengakhiri sambutannya Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. mengucapkan selamat kepada Muhammad Nasri S.H., M.M. yang telah dipromosikan menjadi Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan, serta mengucapkan selamat datang kepada Arief Ismudiarto S.Kom. di keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan atas promosi jabatannya menjadi Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi. Teriring do’a semoga promosi ini dapat menjadi pemacu dan pemicu agar meningkatkan kinerja di masa yang akan datang, yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerja Pengadilan Tinggi Agama Medan terutama di bagian kesekretarian.

5

Rangkaian acara sudah mendekati akhir di saat Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) memimpin lantunan do’a untuk memberikan berkah atas acara ini. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan saling bersalaman. (ap)

  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png
  • 981-s-zulfikar.png
  • 982-s-syahril.png
  • 983-s-rahmah.png
  • 984-s-pelmizar1.jpg
  • 985-d-abdrahman.jpg
  • 986-d-junaida.jpg
  • 987-s-halimatun.jpg
  • 988-s-wahyu-k-lbs.jpg
  • 989-s-husnah.jpg
  • 990-s-khairuddin.jpg