Pengadilan Tinggi Agama Medan Gelar E-Test Hakim Ekonomi Syari’ah

1

Menindaklanjuti Surat yang diedarkan oleh Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung RI no. 0446/DJA.2/HM.00/02/2018, Pengadilan Tinggi Agama Medan menggelar Seleksi Kompetensi Sertifikasi Hakim Ekonomi Syari’ah secara E-Test.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, pada hari Jum’at, 02 Maret 2018, Sebanyak 17 orang peserta yang terdiri dari 2 orang Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan beserta 15 orang Hakim dari Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara telah berkumpul tepat jam 8 pagi. Seyogyanya ada 18 orang peserta, namun salah satu peserta sedang melaksanakan Umroh ke tanah suci Makkah.

Para peserta disambut oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan: Muhammad Nasri, S.H., M.M. Bersama dengan petugas Teknologi Informasi (TI) Pengadilan Tinggi Agama Medan, Aulia Putera (Tenaga Honorer Pengadilan Tinggi Agama Medan), mempersiapkan koneksi internet yang dibutuhkan oleh seluruh peserta selama menjalankan ujian eletronik ini. Demi kelancaran dan kenyamanan E-Test ini, sebelumnya petugas TI telah mengalokasikan dan memprioritaskan sekitar 1/3 (sekitar 30 Mbps) dari total bandwidth internet yang dimiliki oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan khusus untuk acara ini.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pelmizar, M.H.I.; PLT Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Amrani, S.H., M.M.; Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H.; Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M.; Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Medan: Fakhruddin Siregar, S.Ag., M.H.; Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan: Muhammad Nasri, S.H., M.M.; dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Pengadilan Tinggi Agama Medan: Muhammad Syahrur Ramadhan, S.H, M.H.

2

Tepat pukul 09:00 WIB, acara dibuka oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M., yang dilanjutkan dengan arahan dan bimbingan dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pelmizar, M.H.I. Dalam arahannya beliau mengutarakan E-Test Ekonomi Syari’ah merupakan media ujian yang dilakukan secara elektronik dikhususkan untuk Hakim Peradilan Agama yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Hakim Ekonomi Syari’ah. Mengakhiri bimbingannya beliau mengucapkan selamat menjalakan E-Test ini semoga hasil yang didapatkan nantinya sesuai dengan harapan kita.

Pukul 09:30, seperti yang dijadwalkan oleh Badilag, portal E-Test untuk Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan terbuka. Dengan penuh semangat, seluruh peserta mulai satu per satu membaca soal pilihan berganda E-Test yang berjumlah 100 soal tersebut. Raut wajah dari setiap peserta menunjukkan bahwa setiap peserta melaksanakan ujian elektronik itu dengan sungguh-sungguh. Kerja keras panitia acara terlihat hasilnya di saat dengan seluruh peserta dengan nyaman melaksanakan E-Test tersebut dengan nyaman dan dengan lancar dapat mengakses portal E-Test yang digunakan tersebut.

3   4

Kadang kala browser internet yang digunakan oleh peserta memberikan pesan error. Tim TI memperkiraan hal tersebut terjadi dikarenakan besarnya beban (load) server E-test untuk melayani peserta dari seluruh Indonesia secara bersamaan. Namun hal ini tidak menjadi masalah yang besar karena walaupun sesekali error terjadi, peserta dapat tetap melanjutkan proses ujian tanpa harus kehilangan data jawaban yang telah mereka input sebelumnya. Hal tersebut membuktikan bahwa sistem ujian elektronik yang dirancang oleh Badilag terbukti berjalan dengan baik.

Satu jam dari pukul 9:30 telah berlalu. Masih ada waktu sekitar 30 menit lagi dari batas waktu, karena Badilag telah menjadwalkan untuk menutup portal E-Test bagi Pengadilan Tinggi Agama Medan pada pukul 11:00 WIB. Beberapa peserta yang sudah menyelesaikan ujian telah meninggalkan ruangan. Mereka kagum dengan sistem E-Test ini karena hasil ujian langsung ditampilkan setelah ujian selesai.

Tercatat sekitar 5 menit sebelum tenggat waktu, seluruh peserta telah menyelesaikan sesi E-Test hari ini. Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Medan: Muhammad Nasri, S.H., M.M. mulai melakukan rekapitulasi absensi dan hasil ujian. Tersirat kata di dalam senyumnya: sesi E-test ini berjalan lancar dan hasil yang cukup memuaskan. (ap)

  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png
  • 981-s-zulfikar.png
  • 982-s-syahril.png
  • 983-s-rahmah.png
  • 984-s-pelmizar1.jpg
  • 985-d-abdrahman.jpg
  • 986-d-junaida.jpg
  • 987-s-halimatun.jpg
  • 988-s-wahyu-k-lbs.jpg
  • 989-s-husnah.jpg
  • 990-s-khairuddin.jpg